Tuesday, December 23, 2014

My Wedding Venue

Venue terpilih untuk momen istimewa Februari 2016 nanti adalah Taruma Grand Ballroom. Berikut ini history kenapa kita bisa putuskan akan resepsi disana.

Awalnya kita tertarik dengan Menara Grand Ballroom (Menara BTN) karena sewaktu baca di beberapa forum, banyak yg bilang marketingnya baik2 dan kooperatif. Kalau ga pake WO, mereka akan bantu semaksimal mungkin sampai hand over ke MC. Jadilah kita berdua survey kesana. Sebenarnya janjian dengan ci Olive, tapi dia lagi sibuk ngurusin wedding preparation sore itu. Akhirnya dihandle pak Adi. Dari awal aja udah kelihatan OK servicenya karena pak Adi non stop jelasin ini itu mulai dari keluar lift, menuju meja penerima tamu, photo gallery, ruang tengah, ballroom, pantry, toilet, trus dibawa ke kantornya.

Disini ada 4 lift, tapi di samping ada lagi 2 lift lain. Setelah itu ketemu lorong yg ada meja penerima angpao. Dekorasi hari itu dari Hani Decoration. Bagian lorong penerima tamu diupgrade supaya full ditutup kain di seluruh dinding dan langit2. Gw sih ga suka, jadi kelihatan sempit karena langit2nya kan ga tinggi. Sayang sekali lupa foto bagian dalam hahaha... sibuk dengerin penjelasan Pak Adi.

Lagi-lagi lupa foto ruang tengah diantara meja penerima tamu dengan ballroom. Ruangannya medium, ga besar dan ga kecil juga, ada tangga landai di tengah2nya, ada 2 pintu menuju ruang tengah dan 2 pintu menuju ballroom. Ruangan berasa dingin sekali karena ada standing AC di masing2 dinding dan pada saat itu jumlah orang di dalam ruangan sedikit. Disini Pak Adi kasih tips pemilihan food stall yg ditaruh di ruang tengah, maupun tips manfaatin ranting dari dekor untuk dijadikan photo gallery.

Dekorasi pelaminan di pesta ini yg standard tanpa penambahan. Dilihat dari jauh maupun dekat bagus, walaupun gw ga suka kombinasi warna pink+tosca disini. Mini garden-nya GA BANGET. Mending ga usah dicover kain2 pink dan bunga warna warni begitu deh daripada jadi norak. Untung lampion dan bola2 bunganya manis. Luas ballroom overall pas untuk resepsi kita yg targetnya 350 undangan. Pengantin hari itu upgrade di penambahan bunga juntai di wedding gate dan bola2 lampu di standing flower. Baguusss..

Puas lihat2 ballroom, kita diajak ke Pantry, ditunjukin lemari yg akan menyimpan loyang makanan buffet supaya pihak panitia / keluarga bisa dengan mudah mengecek jumlah porsi yg tersedia. Lalu pindah ke kantor untuk dijelaskan tentang paket yg didapat. Ternyata harganya baru naik 3 juta, karena baru minggu lalu minta price list ke ci Olive via email masih dapat harga lama. Mungkin mengikuti harga bensin yg baru naik.



MENARA GRAND BALLROOM
Gedung Menara BTN Lt. 6, Jl. Gajah Mada No. 1, Harmoni, Jakarta Pusat
P: 021 63870201, 08161812153. F: 021 63870112
menara_ballroom@yahoo.com

Paket 400 pax Rp 70.8jt (2015)
Paket 600 pax Rp 78.8jt (2015) <-- bedanya hanya di jumlah pax buffet
Facility
Ballroom Rental
2-3 VIP table
3 Reception Books and felt-tip marker
3 Standing Angpao
2 Standing photo canvas
Tea set for teapay ceremony
Table for photo gallery
1 VIP Room for Bride and Groom
8 Free Parking Vouchers
1 Meeting Room for Technical Meeting
Catering
Exclusive Buffet 600 pax, 6 Menu
Assorted Fresh Fruits, Pudding and Snacks
Soft Drink and Free Flow Ice Water
Fresh Flowers Buffet Decoration
100 portion of Asparagus Soup
120 cups of Ice Cream / Es Puter
Initial Ice Carving with decoration
2 bottles of Sparkling Juice
Family Buffet for 20 persons
Food Testing for 6 persons
Decoration
Exclusive Wedding Stage Decoration, Standing Flowers, Wedding Gate, Artificial Mini Garden, Red Carpet
Entertainment
MC, 1 set of Music Entertainment


Reaksi si Kokoh: Yg namanya cowo yaaah, ga merhatiin detail, langsung pengen oke aja karena Pak Adi enak diajak diskusi.

Pas Wedding Celebration Festival 29 November, kita mampir ke booth Menara Grand Ballroom yg digabung dengan Taruma Grand Ballroom dan Hani Decoration. Tujuannya yaitu test food Dynasty Catering. Pak Adi sendiri yg ambil2in semua makanannya, kita tinggal duduk manis sambil bilang makasih. Hari sabtu makanan yg dihidangkan adalah menu pondokan, jadi yg gw coba tuh pempek (enak), siomay (enak), nasi bakar (enaaakk), lontong sayur (enak tapi terlalu manis), macaroni schotel (tawar). Mungkin karena abis nyobain semua pondokan khas indo yg bumbunya kuat, giliran makan macaroni schotel yg bahan intinya cuma makaroni + keju jadi berasa tawar, kebanting banget.



Nah kebetulan sambil nyicip makanan, kita lihat album foto Taruma Grand Ballroom.. Loh koq bagus?? Kayaknya dulu lihat ada yg posting foto resepsi disini, keliatannya biasa aja deh (makanya ga masuk shortlist). 2 sisi ruangan full jendela tinggi, langit2 tinggi, dekor standardnya bagus2 (IMO yaa), lebih suka dibanding dekor 3Dnya malah, meja2 cateringnya dr kerangka besi + kaca jd bikin ruangan berasa lebih luas, dan ruangannya cukup besar utk masuk semua buffet & food stall (karena sebenarnya gw agak ga suka pesta yg tamunya kebagi 2 ruangan). Akhirnya kita malah jadi tanya2 tentang Taruma Grand Ballroom ke Pak Adi. Walaupun Pak Adi bertugas di Menara Grand Ballroom, tapi dia tetap lancar jelasin tentang Taruma.

Singkat cerita, akhirnya minggu 30 November kita coba datangi Taruma Grand Ballroom. Disana kita disambut Pak Ridwan (yg belakangan baru tau ternyata kepala teknisi disana). Baru sempat dijelasin tentang screen projector dan dekorasi, Pak Hendra muncul (owner dari manajemen yg handle Taruma + Menara Grand Ballroom). Pada hari yg sama, ada 3 pasang lain yg datang survey juga. Pak Hendra sampai berkali2 minta maaf karena mesti bagi perhatian ke kanan kiri. Gw sih oke2 aja, biar sekalian foto2 dan lihat lebih detail tentang ruangan dan dekornya.




Yg awalnya Taruma ga masuk list karena di atas budget, akhirnya kita tertarik setelah lihat tempatnya langsung. Malamnya langsung datang ke JCC untuk DP. Boothnya ramai sekaliiii.. Sambil menunggu, sekalian test food menu buffet Dynasty Catering. Ga terlalu ingat makan apa aja karena waktu itu pas jam makan malam dan kita makan dengan lahap karena lapar hihihi.. Yg pasti semuanya OK, ga ada yg kurang. Rujak pengantinnya asemm, tapi kalau dimakan dengan nasi mestinya pas.

So, Taruma it is. Poin2 yg bikin kita mau deal disini:
  • Manajemen OK. Dari Ci Olive, Pak Adi, Pak Hendra, Pak Anjar semuanya sopan, proaktif untuk menjelaskan panjang kali lebar. Ketika Pak Hendra ngobrol dengan kita, dia sekaligus cek lantai, lampu, dan panggung untuk mastiin semua beres dan rapi. Waktu lihat ada sampah dedaunan di lantai, langsung panggil orang "Pak xxx, disini disapu ya, tolong". Kalau nyuruh tukang aja bisa pakai kata tolong, mestinya tukang2nya juga akan dengan senang hati bekerja, betul?
  • Lokasi mudah dicari. Siapa sih yg ga tau UNTAR?
  • Ballroomnya cantiiik! Bisa muat 1000 tamu tanpa perlu terbagi 2 ruangan. Suka sekali dengan 2 sisi dinding yg full kaca, ditutup tirai putih dari langit2 sampai lantai. Langit2nya tinggi dan dilengkapi lampu yg bisa berubah2 warna.
  • Dekorasi in house. Sebelum ngurusin manajemen ini, Pak Hendra sudah lama di dunia dekorasi. Di balik dinding pelaminan ada gudang untuk perintilan dekorasi milik sendiri. Ga heran dekorasi2 standardnya aja udah bagus. Semoga dengan begitu ga perlu keluarin biaya besar untuk penambahan dekorasi.

Poin2 yg bikin kita agak ga tenang:
  • Takut banjir. Daerah depan Untar paling gampang tergenang kalau hujan seharian.
  • Ruang keluarga sempit sekali. Bisa juga pakai ruangan kantor manajemen sih, tapi tetap aja kayaknya ga cukup menampung kedua keluarga besar kita.





TARUMA GRAND BALLROOM
UnTar Gedung Utama Lantai 21,
Jl. Letjen S Parman No.1, Jakarta Barat
P: 021 5663123, 32296789, 085885504320

Paket 400 pax 78.8jt (2015)
Paket 600 pax 86.8jt (2015) <-- bedanya hanya di jumlah pax buffet
Facility
Ballroom Rental
2-4 VIP table,Table for photo gallery
4 Reception Books and felt-tip marker
4 Standing Angpao, 2Standing Canvas
Tea set for teapay ceremony
1 VIP Room for Bride and Groom
10 Free Parking Vouchers
1 room for Technical Meeting
Catering
Buffet 600 pax, 6 menu.
Fresh Fruits, Pudding and Snacks
Soft Drink and Free Flow Ice Water
Fresh Flowers Buffet Decoration
Family Buffet 20 pax
100 pax Soto Ayam
120 cups Ice Cream / Es Puter
Ice Carving
Champagne Pouring with 2 bottles of Sparkling
Food Testing for 6 persons
Decoration
Wedding Stage; Standing Flowers, Wedding Gate, Mini Garden, Red Carpet
Entertainment
MC; 1set of Music Entertainment with Piano



17 comments:

  1. Tosss sama untar ^0^ dekornya bagusss.. hehe ak rencana ambil yg di atas katanya mesti upgrade klo yg itu tp masih reasonable harganya laa :D asik2 km duluan ni yg lulus ntar sis. Keep in touch yaa

    ReplyDelete
  2. Iyaaa... dekor pelaminan di atas bagus ya. Reasonable banget harganya, yakin deh nanti pas hari H ga perlu rogoh kocek banyak untuk dekor ^^

    Hahaha aku lebih duluan 6 bulan. Senangnya ketemu yg sama2 bakal di Taruma, share info yaa

    ReplyDelete
  3. Wahh udah booking utk februari 2016 ya?

    Kebetulan aku jg resepsi di untar & kebetulan jg rencana mau dekor yg ini. Bagus yah dekornya, simply white dg sedikit sentuhan warna warni

    ReplyDelete
  4. Hi Marlina,

    Iya untuk Februari 2016. Bahkan ada yg udah book untuk September & Oktober 2016 looh.
    Kamu dateng juga ya pas resepsi yg ini? Bagus yaa dekor yg ini, upgradenya ga mahal pula.

    Kamu rencana resepsi kapan? Udah book?

    ReplyDelete
  5. Hai mau tanya untar ini dpt screen projector ga ya? O ya bole kta PMan...aku mgkn bakal book buat maret 16 hehehe

    ReplyDelete
  6. Hai Agnes,
    Screen projector bisa request dari Untar. Kalo ga salah harga sewa 2jt, projectornya guedee, ditaruh di atas buffet keluarga.
    Asyiiikkk nemu 1 lagi yg bakal pake Untar. Sejauh ini uda ketemu 4 orang yg pake Untar hihihi.. Selanjutnya PM aja yaa, email aku osilvi86@gmail.com

    ReplyDelete
  7. Hai sis Silvi, acaraku 26 september nanti

    Tinggal finalisasi warna led supaya sesuai tema nih, udah yakin bgt pingin pake tema ini

    ReplyDelete
  8. Kalau mau booking ballroom untuk wedding party, sebetulnya cukup lihat karpetnya. Bila pengelola pakai karpet custom handmade, itu berarti high class. Bila pake karpet meteran (biasa), berarti ballroom murahan. tips simple.

    ReplyDelete
  9. itu projektor posisinya ada dimana ya ? ngegantung di langit" atau berdiri nangkring di tengah ruangan ? kalo ada anak kecil lari-lari kesenggol, projektornya aman ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Andre,

      Projectornya bisa dilihat di foto ketiga dari bawah. Posisinya sejajar dengan standing flower sebelah kanan depan. Tiangnya dibungkus kain merah, kabelnya diplester merah. Kalo anak kecil lari-lari aja bisa kesenggol, berarti bahkan standing flower / tiang lampu fotografer pun bisa bikin kesenggol kali...

      Delete
    2. Hi Silvi,

      apakah ada opsi untuk digantung di langit"nya ?
      to be honest, sepanjang sejarah ke wedding, belum pernah liat standing projector tengah2 ruangan... itu wajar kah ? apakah ada contoh tempat lain yang pake projector standing di tengah2 gini ? cheers :D

      Delete
    3. Setau gw sih optionnya projector dan layarnya dipasang di bagian belakang ruangan. Untuk lebih jelasnya bisa diomongin langsung dengan pak Anjar / pak Hendra.

      Masa sih ga pernah lihat standing projector di tengah2 ruangan? Wajar aja koq. Gw jamin ga semua ballroom menyediakan projector yg nempel di langit2. Coba deh dicek / survey2 lagi.

      Delete
  10. Silvi,

    oke deh nanti saya coba ketemu lansung dengan Pak Anjar / Pak Hendra ya, CP-nya sama kaya yang diatas kan ya ?

    untuk catering-nya, cuma bisa dynasty atau ada pilihan lain ya ?
    mereka masak di rumah lalu bawa ke gedung atau masak di tempat ya ?
    suhu makanan-nya bagaimana ? apakah ada garansi untuk makanan-nya ga dingin (kalo masak di rumah) ?
    untuk tanya" soal catering-nya, lansung ke Pak Anjar / Pak Hendra atau lansung ke dynasty ya ?

    Thanks :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooo jadi sebelumnya blom sempet contact Pak Anjar / Pak Hendra ya.. Iya CPnya bisa coba yg gw tulis di atas.

      Untuk catering hanya Dynasty Catering. Tapi denger2 sih ada yg bilang tahun depan mau dibolehkan utk pakai catering lain, ga tau deh benar / ga, tanya langsung aja ke pihak Taruma.

      Yg namanya "Catering" pasti masak di rumah lalu dibawa ke gedung, karena yg namanya gedung ga sedia dapur utk masak dalam jumlah besar. Kalau mau yg langsung masak di tempat mesti ke venue berupa "Hotel" atau "Restaurant".

      Pas gw kondangan di Taruma Grand Ballroom sih ga ada temen yg komentar tentang makanan panas / dingin, mereka hanya komentar makanannya enak. Untuk tanya2 soal Catering bisa ke pihak Taruma. Kalau mau contact Dynanty Catering juga gw punya nih..

      Dynasty Catering & Wedding Package
      Komp. Karina Sayang II Blok A/12, Jakarta Utara (Head Office)
      Tlp: 6624456, 6695738
      email: johan.lugiman72@gmail.com

      Delete
    2. wah lengkap infonya, really helpful :D

      nice inpoohh...

      Delete
  11. Hi Sis Silvi,

    Mau tanya pas deal di pameran dapet bonus dan diskon apa saja?
    lagi mau cari tau ada bedanya ga deal pas pameran sama deal di kantor langsung.

    Thanks

    ReplyDelete
  12. nikah disini waktu paket masih murah 70jtaan yg bagus mang view jendelanya bisa buka hordengnya jadi bisa liat view malam kota jakarta dr ketinggian n kalo beruntung bisa ada view kembang api dari cp

    ReplyDelete