Wednesday, December 17, 2014

How I Manage My Wedding Details

Berbekal pengalaman ikutan kepo di 2 wedding sahabat dan 1 wedding cici, cara gw mengurus perintilan wedding pun berevolusi menjadi semakin efisien.

Tahun 2010 pertama kalinya ngubek2 yg namanya Weddingku. Banyak sekali info2 yg bisa didapat disini, mulai dari yg berguna sampai sampah2 iklan di forum dr vendor yg mengganggu. Karena browsing dari HP lebih praktis, biasanya gw catat tips / hal2 yg perlu diingat di aplikasi notes dalam HP. Maklum, dulu masih pakai BB, belum banyak aplikasi2 canggih seperti smart phone sekarang ini. File notesnya dipisah antara Venue, Bridal, Photo, Decor, Invitation & Souvenirs, Other, dll.

Tahun 2012 kedua kalinya bantu wedding sahabat, semua details yg dicatat di HP gw pindahin ke excel. Maklum, gw banyak sekali berkutat dg Microsoft Excel di kantor, jadi sudah terbiasa apa2 pakai excel. Masing2 tab mewakili info2 tentang Venue, Bridal, Photo, Invitation & Souvenirs, dll. Enaknya pakai excel, gw bisa tambahkan contoh foto sebagai referensi. Tapi alhasil file excelnya jadi beraaaattt...

Tahun 2014 bantu kepo2 sedikit dengan wedding cici, and of course mine! Kali ini sedikit lebih canggih, gw pakai aplikasi Evernote di HP yg bisa di-synchronize ke laptop & server. Berguna sekali aplikasi ini! Jadi ga ribet pindahin notes apapun yg dicatat kapanpun dimanapun ke dalam laptop. Tentunya gw masih pakai Microsoft Excel sebagai pencatatan utama. Masih dibagi berdasarkan Venue, Bridal, Photo, Invitation & Souvenirs. Vendor-vendor dipisah per kolom. Paling atas nama vendor, alamat dll, link2 berguna dr blog / forum lain, detail paket, notes (catatan berdasarkan penilaian gw pribadi dan tips dari orang lain).



Bedanya kali ini gw tambahkan tab "Simulation", berisi perbandingan kalau gw pakai vendor A vs B, efek ke biaya yg lain bagaimana, dan Total Biaya berapa. 


Tambahan tab "To Do", berisi kalender 2014-2016 lengkap dengan hari libur, jadwal pameran wedding, dan monthly milestone berisi perintilan apa aja yg perlu dimulai / diselesaikan / dibayar. Tentu isinya masih sedikit, karena venue yg uda dibook baru venue sejauh ini hehehe


Kenapa gw bisa se-kurangkerjaan begini? Entahlah.. Dari dulu memang rajin banget nyatat perhitungan deposito, reksadana, tabungan, bahkan biaya makan per orang kalau gw pergi makan rame2 dengan orang kantor hihihi! Lumayan lah, kebiasaannya berguna juga untuk nyatat perintilan wedding preparation yg gw yakin semua orang pasti setuju kalau dibilang riweuuhh..

But I enjoy it so much ^^

38 comments:

  1. Wow rajin banget ci. Boleh share ga ci excelnya? Buat belajar juga nyicil dikit2 persiapan wedding hehe.. Klo boleh ini email aku ci indika.sunarko@gmail.com
    Makasih ci :)

    ReplyDelete
  2. Halo Indi, udah aku kirim excelnya via email yah ;) Semoga bisa membantu hehehe..

    ReplyDelete
  3. Ciii aku mau donh di share excelnya..hehe
    Kalau boleh tolong kirim ke rei.starren@gmail.com
    Makasi ci.. Sukses ci acaranya ^^

    ReplyDelete
  4. Halo cii.. Aku bole minta juga ga excel nya , email ke christinetheresia@ymail.com .. Thank you ci, sukses ya acaranya 😊

    ReplyDelete
  5. Halo Rei & Christine,
    Makasih2.. Excelnya barusan aku kirim yaaa

    ReplyDelete
  6. wihh ssalut super rajiiin :)
    ci, boleh minta excel nya jg ga? aku jg lg coba bikin nihh.. hehe ke risa.angela@garuda-indonesia.com. Sblmnya salam kenal dan thanks a lot ya ci! :)

    ReplyDelete
  7. halo ci,, salam kenal... wah lengkap banget excelnya.. sama aku juga lagi bingung persiapan wedding,, kalau boleh aku mau excelnya. kirim ke emailu menizia@yahoo.com
    thx a lot yah :)

    ReplyDelete
  8. Haii cici.
    Blog nya keren deh :) semangat bacanya. Lengkap gituu. Hihih. BTW mau juga dong di email excel nya ke fredericac92@gmail.com

    ReplyDelete
  9. hai cici salam kenal :) waaahhh lengkap banget yaaa sampe di format ke exel juga. kalau boleh aku juga minta format exel nya ya ci buat persiapan tahun ini ke ameiliadap@yahoo.co.id :) Terima kasiiiiihhhh

    ReplyDelete
  10. Hi ci silvi, salam kenal ya.
    Terima ksh buat blog nya.
    Bnyk bljr n tambah2 pengetahuan nih buat wedding preparation nya.
    Boleh dong ci, excelnya d share ke email ak : s.shien@ymail.com

    Terima kasih

    ReplyDelete

  11. halo ci salam kenal ya.. lengkap banget excelnya, aku lagi bingung persiapan wedding. kalau gk keberatan boleh aku minta excelnya. kirim ke email :
    michellerachellquinn@gmail.com
    thx a lot yah :)

    ReplyDelete
  12. Hi kak. Salam kenal, boleh share excelnya ga kak, buat referensi? kalo boleh tolong kirim ke edelweiss_90@yahoo.com
    Thanks a lot kak!

    ReplyDelete
  13. Hallooo man teman, file excelnya sudah aku kirim yaa.. Semoga membantu ;)

    ReplyDelete
  14. Haloo cici,, bole minta excelnya juga ga, kayanya bakal membantu untuk wedding prep aku juga .. Kirim ke maykepakarti04@gmail.com

    Thank before ☺

    ReplyDelete
  15. Hai aku ci, salam kenal ya aku lagi kepo kepoin ttg wedding ni bacain blog org, aku tertarik lihat list excel kamu dong kayanya lengkap banget hehehe kalo boleh minta kirimin dong ke olyvia.natasha@yahoo.com thanks ya ci blognya bermanfaat banget 😊

    ReplyDelete
  16. Hai cici, salam kenal ya.. blog cici lengkap & sangat membantu loh.. boleh share excelnya ci buat referensi? Tolong dikirim ke picucupa@gmail.com
    Thanks a lot :)

    ReplyDelete
  17. Hai Ci... Salam kenal yah. Blog cici sangat" membantu. Ci, boleh minta tolong dikirimin excelnya kah ke email saya? Indri.10189@gmail.com. thank you :)

    ReplyDelete
  18. Hallooo man teman, file excelnya sudah aku kirim yaa.. Semoga membantu ;)

    ReplyDelete
  19. Halo ci... masih boleh nambah ga yg minta dikirimin excelnya?? Kalau boleh alamat email saya di m_leend1504@yahoo.com makasih banyak ci, maaf merepotkan.. :)

    ReplyDelete
  20. Haiii cik.. Boleh minta file excel nya juga kah? Kalo boleh, ke email maryke.margaretha@yahoo.com. Thanks in advanced. :)

    ReplyDelete
  21. Hai Silvi.. Salam kenal ya, boleh sharing flie excelnya ke email ku kah? Sekarang juga masih prepare buat budget wedding, kalau ada yang kelupaan bisa contek ke excel silvi yaa.. Mohon di email ke gracella.wayong@gmail.com. Thanks a lot say :)

    ReplyDelete
  22. Haiii ci.. Boleh minta file excel nya juga kah? Kalo boleh, bisa tolong kirim email ke marlina_mi@yahoo.com. Thanks in advanced. :)

    ReplyDelete
  23. Hi boleh sy minta excelnya jg kirim ke regina.teresa@yahoo.com thx alot

    ReplyDelete
  24. Hai Silvi. Sy mampir lagi. Kemarin email ak typo gmail nya 😫 boleh resend lagi?
    Thank you.

    Frederica.claresta@yahoo.com

    ReplyDelete
  25. Halo silvi boleh minta file nya juga
    comeandgo.id@yahoo.com
    Thanks

    ReplyDelete
  26. Hi Ci Silvi.. boleh minta file excelnya juga kaaah? Tolong kirimin ke betriadipta@gmail.com ya Ci.. thanks a lot :)

    ReplyDelete
  27. Helo ci silvi, boleh minta file excel nya jg? Tolong kirim ke lissabaley@gmail com. Makasih yaa

    ReplyDelete
  28. Hi Ci Silvi, boleh minta file excelnya juga gak? Kalau boleh tolong kirimkan ke raywily.willia@gmail.com ya Ci (raywily L nya 1, willia L nya 2).

    Thanks a lot!

    ReplyDelete
  29. Hi Ci, boleh email ke christina.desi@gmail.com

    ReplyDelete
  30. hi ci, blog nya membantu sekali..
    aku boleh minta dishare contoh format excelnya?
    tlg email ke detha_1988@yahoo.com ya..
    thanks a lot..
    btw, kalo bole tau akhirnya foto & video liputan hari H cc pake siapa yah?

    ReplyDelete
  31. Hi.. ci ak liat2 blog wedding nemu plan ci2 yg excel ini. Seprti ny sgt membantu bgt. Ci ak mnta contoh format nya ya. Tlng email ke lennyylim@gmail.com thanks a lot ci.

    ReplyDelete
  32. Hello Ci Silvi. Blogmu bantu banget yes buat dapetin info sana-sini.
    Btw,boleh share excel-nya? Karena aku juga cukup mumet mikirin ini-itu 😂

    Klo boleh, pls share ke ricky.berlianto@gmail.com ya, ci. Thanks a lot

    ReplyDelete
  33. hai ci, salam kenal! :)
    aku juga lagi bingung preparation wedding nih, boleh share excel nya ke aidencika@gmail.com

    Thanks a lot ci

    ReplyDelete
  34. hi cc Silvi, salam kenal ya..blog cc membantu banget nih buat yg lagi wedding preparation. ^^ btw, boleh tolong share detail excel nya ga ci ke ofyll_lin@yahoo.com ? Thanks in advance ya ci :)

    ReplyDelete
  35. Replies
    1. Halo.. masih ada sih excelnya. Cuma data2 vendornya uda basi mungkin XD

      Delete
  36. Hi.. Ci.. Boleh minta excel nya.. Kirim ke email ku.. ekosulistyo19@gmail.com thanks..

    ReplyDelete
  37. Dear ka silvi, aku izin berbagi info yah hehe. Siapa tau ada yang lagi persiapan buat nikah, biar memudahkan juga nih. Aku dari HIS Kologdam bandung, wedding venue dan organizer yang udah bentuk paketan gitu. Kali aja ada yang mau cek ig nya, https://www.instagram.com/his_kologdam/ Makasih ka silvi..

    ReplyDelete