Tuesday, October 27, 2015

Souvenir Vendor

Edisi curhat tentang vendor souvenir nih..
Seperti yg sempat gw sebutin di postingan sebelum2nya, souvenir gw berupa luggage tag dari bahan karet, pesan dari vendor di Bandung. Koq berani sih pesan souvenir dari luar kota tanpa ketemu orangnya gitu? Karena gw lihat webnya terlihat meyakinkan. Banyak portfolio contoh2 mementos dari company2 lain, jadi keliatannya dipercaya sama EO2 lain. Harganya pun murah karena mereka produksi sendiri, bukan reseller.

MAHAGO AKSESORIS / KARET UNIK / KARET BAGUS
Jl. Babakan tarogong Gg. Anom No.7 Pasirkoja,Bandung
P: 022 9393 0008, 021 45550008, 085773330008, 08122276000, 08170257501 (Nige)
BB: 2399840D
www.mahagoaksesoris.net www.karetunik.com
www.tokopedia.com/mahagoaksesoris/etalase/bag-tag-luggage-tag
mahagoaksesoris@yahoo.com magahoaksesoris@gmail.com karetbagus@yahoo.com
fjb.m.kaskus.co.id/product/53ef1cc50e8b46135a000088/jual-bag-tag-luggage-tag-custom-untuk-semua-kebutuhan-souvenir-anda/

Jul 24-25
Pertama kali whatsapp aja udah berasa bakal susah komunikasi dengan vendor ini. Gw bilang "Halo sore. Sy mau tanya harga luggage tag utk souvenir pernikahan. Utk dikirim ke Jakarta Pusat." Balasannya "Sore bu. Barangnya apa bu?"
Lahh?? Pan gw uda sebut, gw mau tanya harga luggage tag.
Setelah tektok2 dalam 2 hari, kelar urusan tanya harga, dan gw beli paket sampel luggage tag seharga 75rb.


Paket Sampel dari Mahago Aksesoris




Aug 23-28
Dalam seminggu gw minta foto2 contoh luggage tag sendal lewat email, konfirm mau pesan souvenir seperti apa, minta penawaran tertulis via email.

200pcs Luggage Tag burung hantu pasangan, warna dan gambar sama persis seperti di foto.
200pcs Luggage Tag sendal pasangan, warna kuning dan motifnya bulat2 putih seperti di foto.
Tali loop model C (seperti yg di gambar burung hantu).

Total harga sebesar 3.4 juta, dengan polosnya gw langsung bayar DP 50%. Belakangan menyesal karena prosesnya lama banget banget! Setelah transfer, gw tanya "Sebelum dibuat sampai 400 buah, bisa dibuat contohnya dulu atau ga yah?" Dijawab bisa, contoh hasil jadinya diestimasi minggu depan. Gw ga maksa loh, dia yg kasih estimasi seminggu.



Sep 11-12
2 minggu kemudian gw follow up, dia kasih contoh berupa gambar desain, dan salah pula gambarnya. Gw minta sendal pasangan warna kuning dan motif bulat2 putih, yg digambarin malah 1 sendal dan motif kotak warna kuning hijau. Setelah gw jelasin lagi, dia bilang "Untung aja dikasih tau,kalau kemarin udah keburu dibikin barangnya,,bisa kerugian besar di kitanya". Karena mesti nunggu dia buat gambar lagi, gw sekalian minta ganti warna sendal jadi oranye dg bulat2 putih.


Sep 17
3 minggu sejak DP, gw follow up lagi untuk gambar desain sendalnya. Dia bilang kemarin sudah dikirim via whatsapp. Oh ada miskom disini, karena gw ga terima pesannya, mungkin lagi error. Setelah dikirim ulang gambarnya, sendal sudah benar berbentuk sepasang dan bermotif polkadot, tapi warna hijau-kuning. Katanya soal warna bisa dimodif sesuka hati. OK deeehh, gw tanya untuk lihat contoh yg sudah jadi kira2 kapan? Katanya sekitar minggu depan. Gw ga maksa loh, dia yg kasih estimasi seminggu.


Sep 22
Karena takut contoh jadinya salah warna, gw whatsapp untuk ingetin souvenir sendal warnanya oranye, burung hantunya warna biru & pink.

Sep 29
12 hari berlalu (padahal janjinya seminggu), gw follow up "Halo kak, contoh souvenir saya sudah jadi blom ya?"
Siiinnggg... ga ada balasan.

Sep 30
Pantang menyerah, gw follow up lagi, dikasih foto contoh jadi luggage tag burung hantu. Contoh jadi sendalnya akan dikabari lagi.
Atas: foto contoh jadi luggage tag burung hantu
Bawah: foto luggage tag burung hantu di web

Oct 7
3 minggu berlalu (padahal janjinya seminggu), gw follow up dan cuma dijawab "baik".

Oct 17
Tiba2 dikirimin foto sendalnya, tapi dasarnya doang. Ga ada tali dan hiasannya. Gw minta contoh sendal yg sudah lengkap beserta dg talinya.


Oct 27
1.5 bulan berlalu sejak dikasih desain gambar (padahal janjinya seminggu), gw follow up tapi tetap ga dibalas. Udah pas 2 bulan sejak bayar DP 50% dan souvenirnya blom mulai dicetak juga.


Memang siiihh, wedding gw masih lama jadi kadang vendor suka kesel kenapa diburu2 (mending ngerjain yg mepet dulu). Tapi berhubung ini vendor dari luar kota, gw agak deg2an takut ditipu. Makanya gw sengaja uda deal dari 6 bulan sebelumnya. Supaya kalo2 ditipu, masih keburu cari cadangan souvenir lain. Sayangnya gw dengan bodohnya udah bayar 50%. Coba kalo gw cuma bayar beberapa ratus ribu utk minta dibuatin contoh dulu, pasti lebih cepat deh responnya (seperti pas sebelum DP).

Heehhhh... capek bener sama vendor yg satu ini...
Amit2 yah, jangan ada yg terjebak seperti gw  :|

10 comments:

  1. Seandainya vendor ini tau kalo u ada salah satu blogger mgkin dia akn lebih hati2 sil..
    Lebih mudah utk kehilanggan pelanggan dtpd mendapatkan pelanggan..
    Kl si vendor kaya begini..bakal antipati deh yg mau pesen..
    Tp s3andainya dia mengerjakan semua sesuai n tepat waktu blog u akan jd media promosi yg baik buat dia.
    Semangat sil utk mendesak vendornya..smg segera dpt tanggapan dan kepastian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih yaa Ricka.. Bener2 mesti rajin follow up nih.
      Justru gw memang sengaja nyebutin nama dan contact si vendor sedetail mungkin biar orang2 baca dan tau. Uda 2 bulan DP tapi komunikasi lelet bgt sih ngeselin abis.

      Delete
  2. Hai Silvi,,salam kenal yaa.. Keknya ak pernah baca review'an di satu blog ttg mahago ini.. and sorry review'an ttg mahago ini too bad.. smoga yg km lebih aware n rajin update ke orangnya.. karena banyakan dia ga notice serius sama chat kita.. musti kita yg sering2 ingetin kali ya.. tadinya ak jg sempet tergiur pengenn pake dia,,tapi pas baca review'an mengurungkan niat deh.. huhuhu.. semangaatt silvi.. smoga cepet selesai urusan souvenir'nya ya.. ^^

    ReplyDelete
  3. Hadeh pusing juga yaa sama vendor macem begini >.< mungkin dia lg full order sil apalg bulan2 begini kan, moga segera dikasi pencerahan dan semuanya jadi ssuai pesanan aminn

    ReplyDelete
  4. Makasih Prisil & Nini.. Maklum sih kalo vendor ada yg slow response, seyang sekali yg ini kebangetan banget responsenya. Kemarin akhirnya bales whatsapp, bilang maaf karena belakangan ini sempat error di urutan produksi. Tapi ga menjawab pertanyaan juga, kapaann sendal gue jadiii

    ReplyDelete
  5. Hai Sill..
    Sil sabar ya
    atau kalo ada waktu temuin ke Bandung sil..
    siapa tau dengan ketemu langsung dia jd ga oneng2 banget,,
    setidaknya nangkep maksud kamu,,
    Heheheee..

    ReplyDelete
  6. wowww ...
    sabarr yahh sayy .. >_< pasti was was banget nih ....
    semoga dia bisa cepet selesein pesenan km ..
    semangattt >,<

    ReplyDelete
  7. sil, ada no contact yg laen buat hub vendor ini? biar ga esmosi kalo tetep contac sm org yang sama, padahal orgnya lemot / sering salah nangkep maksudnya kita.
    siapa tau kalo komunikasi nya sama perwakilan vendor ini yg laen, bs lebih nyambung..

    moga2 urusan souvenir cepet kelar ya sil.. :D

    ReplyDelete
  8. Hi.. kalau boleh tau akhir nya gimana dengan di vendor ini? apa selesai tepat waktu? Pengen tau juga sama vendor ini :)
    Thanks

    ReplyDelete
  9. Aku jg pny pengalaman ga enak sama vendor ini

    ReplyDelete