Tuesday, January 27, 2015

My Bridal Vendor - Tracy Bridal House

2nd vendor booked!! Tracy Bridal House it is!

Tracy Bridal House masuk dalam kandidat bridal karena lokasinya dekat sekali dg rumah si Koko. Kesan pertama pas masuk, tempatnya besar yah, kayak nempatin 2-3 ruko dengan tinggi 3 lantai kalo ga salah. Lantai pertama untuk salon, lantai kedua untuk spa, lantai ketiga untuk bridal. Bersih dan ga berasa sumpek seperti beberapa bridal lain yg gw datangi. Pertama kali datang pas ga ada tamu. Ada 2 CS yg duduk manis di meja panjang, keduanya memakai seragam warna biru kehijauan (kayaknya). Anak2 gaunnya juga pakai seragam dg warna hitam. Dalam hati deg2an capcipcup mau nyamperin CS yg mana, karena CS menentukan kelancaran urusan dg bridal sampai hari H nanti.

CS yg gw samperin bernama Novella. Selidik punya selidik, ada beberapa postingan dia tentang Tracy Bridal dari tahun 2010, berarti sudah cukup lama disana. Dan dia sering muncul di instagram Yenty_Tan (designer gaun Tracy Bridal), masih kerabat dekat mungkin?
Dari 3 kali kunjungan kesana, Novella keliatannya enak untuk diajak ngomong, bisa kasih saran2 yg OK, ngajak ngobrol si Koko pas gw coba2 gaun (biar ga bosen mungkin?). Pertama kali datang, Novella sibuk nawarin coba beberapa gaun (total 5 gaun sepertinya). Dari ballgown, A line, Mermaid, Semi Mermaid. Tujuannya supaya gw bisa lihat kira2 maunya gaun yg seperti apa. Gw suka semuanyaaa... tapi tetap pengen yg A line atau Semi Mermaid, dan ga mau yg panjangnya lebay.

Pertama kali datang langsung dijelasin paket2nya beserta bonus tambahan. Tapi karena masih ada beberapa kandidat bridal yg mau gw kunjungi, gw bilang nanti balik lagi. 2 minggu kemudian balik lagi kesana untuk deal dg paket Priviledge Fleur Pauqet. Supaya ga ribet dengan terlalu banyak perintilan, gw memang sengaja cari paket yg All In. Venue aja paket lengkap dg catering dan dekor, klo bisa bridal juga ambil paket lengkap. Berikut ini paket yg gw dapat, tentunya ditambah dengan bonus extra yg ga perlu disebutkan disini.


Priviledge Fleur 23.980.000 (2014)
Gaun Pengantin Elegant 12,000,000
Make Up D day, retouch, prewed indoor
Gaun Pengapit + make up
HB & Corsage (Fresh Flower Carnation)
Groom suit voucher 1jt (Hak milik)
Prewed Indoor 20x30, 20 photos, album
Liputan Foto 2 album, 20 Pages
Liputan Video Mini DV (transfer to DVD)
Mobil Pengantin Mercedes Benz, 8 Jam, DKI 
Kue Pengantin voucher 1jt
Kartu Undangan voucher 1jt
Bonus
1 Kanvas 50x60
1 Spa Body Treatment for Bride
1 Gunting Rambut for Groom
Make Up 2 Mama
1 Set DVD
8 Corsage
1 Gaun Pemberkatan
4 Gaun Penerima Angpao

Setelah deal, next step cari vendor foto prewed dan liputan sesuai berdasarkan list rekanan Tracy.

Rekanan Prewed Indoor: LaTrobe, Philo Arte, Frenlee, King, Tarzan
Rekanan Prewed Outdoor: LaTrobe, Philo Arte, Frenlee, If Portrait
Rekanan Liputan: Maxine, MLVP, Gina, Fantasia, Imperial, Lead Pro
Rekanan Jas: Brutus, Creativo, Wong Hang, Richard, Harry's Palmer, Grisvian Hewis, Pizzaro, Ventlee, Vertus
Rekanan Kue: Libra, Timothy, Justin, Harum Sari, Billie Chick, Pelangi, Eiffel Cake, Hova Cake, Anfer, Barley Bread
Rekanan Undangan: Sehati, Impra, Sah, Oscoin, H2 Card, Lavender, Prima, Maple

Tapiii selang 2 minggu sesudah bayar DP, gw janjian ngobrol sama teman si Koko yg jadi fotografer di Men & Women Pictures. Vendor foto yg satu ini sih udah pernah dengar sebelumnya. Pernah minta pricelist untuk wedding cici, tapi ternyata mahal, ga masuk budget XD
Pas ketemuan, ditunjukin portfolio foto dan videonya. Iya siiihhh bagus2, tapi ga masuk budget. Ga taunya karena teman dekat, jadi dikasih harga menarik, bundled package foto prewed + liputan foto + liputan video. Senangnya punya calon suami yg banyak teman dimana-mana hahaha!

Karena keputusannya mau pakai Men & Women Pictures, otomatis prewed & liputan dari Tracy Bridal jadi mubazir dooonk. Mulailah simulasi "what if". Menghitung total biaya kalau tetap ambil Priviledge Fleur Paquet dengan nego tukar foto sama produk lain, ambil New Or Paquet, atau New Fleur Paquet. Akhirnya keputusan jatuh ke New Or Paquet. Si Koko ngikut aja, yang penting pacar senang hihihi..

Akhirnya awal Januari balik lagi ke Tracy untuk ganti paket. Detail paket seperti di bawah ini, tentunya ditambah bonus extra yg ga perlu disebutkan disini.



New Or 23,880,000 (2014)

Gaun Pengantin Elegant 15,000,000
Make up D day, retouch
Make up prewed indoor & outdoor
1 Gaun pengantin utk prewed Outdoor
Prewed Indoor 20x30, 20 photos, album
Prewed Outdoor 20x30, 20 photos, album
1 Kanvas 60x90 + frame
1 Spa Body Treatment for Bride
1 Gunting rambut for Groom
Bonus
1 Gaun Pemberkatan
4 Gaun penerima angpao
Make up 2 Mama

Karena gw ga ambil prewed Indoor & Outdoor, bisa dialihkan menjadi sewa Alphard putih selama 10 jam. Karena gw rencana mau prewed dalam 1 hari aja, make up prewed jadi cukup sekali, touch up dilakukan oleh asisten yg ikut ke lokasi. Jadi jatah make up prewed yg kedua kali dialihkan menjadi hand bouquet fresh rose + corsage. Untungnya gaun pengantin untuk prewed dapat 2 --> 1 gaun hari H, dan 1 gaun utk outdoor. Gw rencananya mau prewed jauh2 hari sebelum hari H supaya bisa beres secepatnya, ga numpuk di belakang. Kalo dari Priviledge Fleur Paquet, gaun pengantin untuk foto prewed adalah gaun yg akan dipakai untuk hari H. Jadi otomatis kalo gw mau prewed 6 bulan sebelum hari H, gw udah mesti tentukan pilihan gaun pengantin. Nanti kalau belakangan muncul gaun yg lebih bagus, gimana donk?? >.< Nah karena New Or Paquet dapat 2 gaun pengantin, jadi lebih lega. In case masih labil sama gaun pengantin untuk hari H, nanti foto prewed pakai gaun pengantin outdoor aja :D

Ga sabar pengen liat lebih banyak lagi gaun pengantin di Tracy Bridal. Beberapa hari sekali pantengin instagram Tracy Bridal dan Yenty Tan, biar bisa intip model2 gaunnya tanpa perlu ke bridal. So far sih bagus2 semua. Yg bikin ga tenang cuma make up. Sudah ada 3 orang teman gw yg komentar kalau make up pengantin & keluarga disana jelek. Padahal gw lihat komentar di Weddingku, komentar2 terakhirnya pada bilang bagus koq, ga sesuai dengan rumor. Gw lihat contoh2 portfolio make up juga lumayan (menurut gw yaaa). Malah sebenarnya make up yg gw ga suka tuh yg make up owner hihihi.. Gw ga suka sama make up yg matanya full eyeliner :|   Make up natural aja udah cukup buat gw.
So let's see.. Mitigation plan yaitu cari contoh make up yg gw mau, tunjukin fotonya, jangan cuma pakai deskripsi lewat kata-kata. Kalau ternyata hasil make up prewed mengecewakan, cari Make Up Artist lepasan.

Stay tuned for the next story about bridal things ;)




13 comments:

  1. Huaa~ akhirnya ada postingan baru :D hihi.. Mau komen soal ini "Kalau ternyata hasil make up prewed mengecewakan, cari Make Up Artist lepasan" berarti nambah budget lg dong?? >.< tp emang si model zaman sekarang makeupna negesin ke mata jadinya item2 gitu deh XD
    Semangat silvi buat hunting2 selanjutnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdoa yg rajin deh supaya dapet team make up yg jago, jadi ga usah pusing2 nambah budget untuk MUA lepasan XD
      Akhirnya kerjaan di kantor udah lebih nyantai, February mulai hunting lebih lanjut ah. Tunggu yaaa kabar selanjutnya ^^

      Delete
  2. Hi silvi, salam kenal ya ^^ selama ini aku jd silent reader km hihii aku masi galau nih soal bridal, dan melirik tracy ... kamu punya contact novella ? Bisa di email ke aku ? Thankyou silvi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Margareth,

      Duh aku agak ga ngerti nih gimana kirim email ke kamu. Aku buka google+ kamu tp ga nemu alamat emailnya. Bisa tinggalin alamat email? XD

      Delete
    2. Ohh gitu ya, maklum aku newbie hahahah ke retha.lim93@gmail.com sil. Thanks a lot yaa ^^

      Delete
  3. Hai silvi salam kenal :) Baju tracy bagus2~ dari bridal2 yang aku kelilingin so far aku paling suka sama tracy untuk wedding gown nya,keren keren. Cuma cami ku keburu gak srek sama marketingnya karena marketingnya kurang nurutin mau nya cami ku untuk masalah wedding gown hahaha, terus rada maksa untuk dp pas hari itu juga, padahal kita masih mau compare2.. huhuhu... semoga bisa dapet bridal yang pas deh.

    semoga lancar teruss ya persiapannyaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Wifina, salam kenal ^^
      Huaa sayang sekali ga jadi di Tracy. Tapi cocok2an sih yaa.. Semoga dapet bridal yg pas yah ;)
      Tumben juga ada cowo yg merhatiin masalah wedding gown. Cowoku aja cuek bgt, semua gaun keliatannya OK2 aja hahaha!
      Kalo marketing Tracy aja dibilang rada maksa DP, apa kabar kalo kamu ke JJ Bride tuh, uda bukan "rada maksa" lagi XD

      Delete
  4. Hi Silvi, salam kenal ya, aku Ris, aku jg tertarik sama tracy bridal nih, krn liat d IGnya, sptnya bagus2 ya gown nya. Tapi aku blm pernah survey lgsg ke tracy sih. Btw, di Tracy kamu ambil model gown kyk apa? Aku lg pengen bgt yg model lace backless gt, hihii, di tracy udh byk blm ya, model gt?

    Thanks silvi..

    ReplyDelete
  5. Hi Itik (lho??) eh Ris
    Salam kenal jugaa.. Iya Tracy gaun pengantinnya bagus2. Aku awalnya ga mau krn over budget, tapi apa boleh buat, suka bgt sama gaunnya. Gaun hari H blom pilih. Uda ada 1 yg paling aku taksir. Soalnya aku ambil paket yg gaun second, jadi ga ngerasa perlu buru2 tag gaun, siapa tau belakangan nemu gaun second yg lebih bagus lagi.

    Justru di Tracy modelnya uda yg modern2 say, banyak yg model lace backless. Coba deh kamu main dulu kesana, cobain gaun2nya. Aku aja 2x kesana dan cobain sekitar 8 gaun baru akhirnya deal.

    ReplyDelete
  6. Hai ci met kenal..
    Cici bedanya gaun 12jt ma 15jt apa ya ci?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Meini, salam kenal

      Gaun 12jt - second kedua. Gaun 15jt second pertama. Kalau sekarang ga tau deh berapa harganya tiap level gaun :D

      Delete
  7. haii ci silvi , salam kenal .
    btw nama kita mirip , aku sylvia 😀
    mau tanya nih .
    cici gimana ya cara ngomongnya ke marketing masing2 vendor kalo belum bisa langsung deal ?
    soalnya aku dr dlu orangnya segan kalo uda masuk ke suatu tmpt , tanya2 ini itu , coba2 , tapi ga deal .
    jd tiap msk k satu tmpt lgsg deal , smntra utk wedding kan ngga mau gt takut nyesel :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaaa maaf Sylvia, comment kamu kelewat, baru baca >.<

      Dulu aku kalo survey ke satu tempat, trus ga deal, bilang aja kalo vendor yg kamu datengin itu baru vendor #1 yg kamu datengin, biasa lah namanya capeng kan ga afdhol kalo ga survey beberapa tempat hehehehe

      Delete